indahnya-tugu-yogyakarta-wikimedia.com

Kokohnya Tugu Yogyakarta

indahnya-tugu-yogyakarta-wikimedia.comBelum mengabadikan moment di Tugu Yogyakarta ? sebelum mengabadikannya ada baiknya anda mengikuti beberapa penjelasan berikut. Dulunya tugu ini merupakan penunjuk arah dari kraton ke arah Puncak Merapi. Tugu Yogyakarta menurut informasi merupakan tugu atau monumen yang  sering kali dipakai tanda atau simbolis. Letak Tugu ini adalah Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Pangeran Mangkubumi. Tugu ini mempunyai arti simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan Gunung Merapi. Pada semasa hidup Sultan Yogyakarta, tugu ini dijadikan patokan arah menghadap Gunung Merapi. Akan tetapi lambat laun dengan bergukirnya waktu, tugu dijadikan sebagai objek wisata.



Masyarakat Yogyakarta lebih mengenal dengan Tugu Pal Putih, karena dizaman dahulu sampai sekarang cat yang digunakan adalah warna putih. Bentuk dari tugu ini adalah bentuk bulat panjang dengan bola kecil serta ujung dari tugu ini berbentuk runcing. Disini anda dapat melihat kekokohan dan kegagahan Tugu Yogyakarta ini. Tugu ini merupakan saksi bisu berputarnya roda zaman serta merupakan peninggalan sejarah kuno. Oleh masyarakat, tugu ini sangat dilindungi dan dilestarikan karena tugu merupakan satu – satunya peninggalan zaman Sultan Yogyakarta. Ada baiknya bila anda ingin pergi ke Tugu Yogyakarta ini malam hari atau sore hari. Tidak ada tarif masuk untuk mengunjungi tugu ini karena belum ada peraturan untuk melakukan penarikan bagi pengunjung yang akan melihat tugu ini. Tugu ini telah banyak mengalami renovasi oleh Pemerintah. Yang tujuannya adalah untuk menarik para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, dulunya tidak ada perubahan dari tugu. Jika anda ingin menuju lokasi ini dapat menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Baca Juga: Jalan-Jalan Cantik di Malioboro Yogyakarta

Bisa juga anda menggunakan becak ataupun andong untuk mendapatkan suasana Yogyakarta yang khas. Ada baiknya bila anda berjalan kaki sembari menikmati suasana Yogykarta, karena dengan berjalan kaki suasana yang didapat akan terasa lebih dalam. Bila malam tiba, anda dapat menikmati kuliner yang tersaji dan berjejer di pinggir – pinggir jalan. Sedikit cuplikan tentang Tugu Yogyakarta. Selamat berlibur.