buy and sell online shop - credit by pixabay.com

Jalan Jalan ke sentra Komputer Harco Mangga Dua

Sudah lama rasanya tidak berkunjung ke Harco Mangga Dua untuk mencari part-part computer dengan harga yang relative lebih miring. Letaknya yang strategis, bisa terjangkau busway Trans Jakarta maupun kereta api Comuter Line Jakarta Kota.

Tujuan ke Harco Mangga Dua adalah mencari batere laptop Acer 722 Aspire One dan mencari Harddisk External Storejet Transcend 1 Terabyte. Sampai di Harco Mangga Dua Lumayan kepagian yaitu 10.15. Baru 50% toko yang buka.

Putar-putar kesana kemarin mencari 2 jenis barang ini. Semuanya menghasilkan hasil yang sama, yaitu:

  1. Tidak ada Stock, atau beda tipe.
  2. Marketingnya sibuk check toko sebelah, yang pasti akan lebih mahal

Beberapa toko langganan, yang dulunya tokonya ramai dan besar. Bahkan untuk bicara dengan marketingnya saja harus mengantri, sekarang sudah menjadi minimalis tokonya. Dimana dulu counter marketingnya ada diatas 10 counter, sekarang hanya tinggal 2 counter. Semua menjadi  minimalis dan suram.

hdd transcend storejet 1tbSebelum  sampai di Harco Mangga Dua, Alsaalta sudah sedikit riset harga barang di lapak Online, yaitu Tokopedia. Untuk Transcend Storejet 1 TB masih di harga Rp. 725.000 warna Ungu, dan untuk batere OEM ACER 722 masih di harga Rp. 250.000 warna Hitam

Cukup mencengangkan, harga di Harco Mangga Dua menjadi Rp. 450.000 Untuk batere OEM Acer 722 dan Rp.  850.000 untuk Transcend 1 TB Storejet Non Warna. Itu hasil harga terbaik muter-muter check toko ke toko dari lantai dasar hingga lantai teratas.

Nyata! Sekali bedanya sekarang. Si MarketPlace Online jelas jauh lebih unggul ketimbang toko konvensional (toko offline).

Apakah ini bisa menjadi suatu indicator pasti antara toko offline dan toko online. Bahwa toko online akan menjadi market leader? Siapa yang tahu apakah bubble berikutnya?



Kenapa Alsaalta juga lebih suka belanja di market place online:                                            

  1. 80% harga lebih murah dari toko offline.
  2. Bebas macet, karena di antar kurir (bisa gojek yang merupakan favorit Alsaalta).
  3. Bisa filter harga antar seller untuk dapat harga termurah, tanpa harus datang ke toko per toko.
  4. Bisa baca review-review pembeli sebelumnya.

Tapi jangan salah, toko online juga mempunyai kelemahan.

  1. Barang tidak bisa di check secara langsung.
  2. Mutu Barang kurang bisa terukur, karena hanya berdasarkan foto dan spek teknis.
  3. Pengiriman lama jika tidak menggunakan gojek.
  4. Tidak semua seller yang fast respon. Kadang lebih dari 3 jam baru mendapat respon dari sellernya
  5. Kadang seller tidak bertanggung jawab, kalau barang yang diterima tidak sesuai, cacat atau rusak.

Bagi Alsaalta berbelanja di toko online maupun toko ofline, masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan nya sendiri. Jika sudah mengerti produknya dan sudah pernah menggunakan sebelumnya. Alsaalta lebih senang berbelanja Online. Jika perlu Hands-On pada produknya, maka Alsaalta akan lebih memilih offline Shop.