cara deteksi awal stroke

Cara Deteksi Awal Stroke

Cara Deteksi Awal Stroke, Pada suatu acara pesta, tersebutlah seorang suami (Mas Pandu) yang datang bersama istrinya (Mbak Fanny), tetiba mbak Fanny tersandung dan jatuh. Mbak Fanny memastikan ke semua orang, kalau dia baik-baik saja.  Cuma tersangkut sambungan karpet karena sepatu baru yang dia kenakan.

Mbak Fanny dan Mas Pandu tetap merayakan pesta tersebut sampai malam.
Tidak lama berselang, mas Pandu menelpon dan mengabarkan kalau mbak Fanny diantar ke Rumah sakit, dan pukul 6 pagi meninggal.

Mbak Fanny terkena serangan stroke saat didalam keriaan pesta.



Seandainya di antara para tamu undangan pesta ada yg tahu bagaimana mengidentifikasi serangan stroke, ada kemungkinan mbak Fanny masih dapat tertolong.

Baca juga : 3 Macam Buah yang Terbukti Melawan Kanker

Ahli Neurolog mengemukakan bahwa penderita stroke pada 3 jam pertama pada serangan dapat sembuh secara total. Jika kita dapat dengan cepat mengenali gejala serangan stroke dan membawa pasien untuk diberi pengobatan oleh ahli secepat mungkin. Ingat! Jangan melebihi dari 3 jam, karena kalau lebih dapat terjadi kerusakan permanen.

diskusi tentang deteksi awal stroke

Cara Mudah Mengidentifikasi Stroke yaitu Menghafal S – T – R 

  • S (Smile) : Minta penderita untuk tersenyum. Jika posisi pipi miring, maka ada indikasi kelumpuhan saraf, ini bisa disebut gejala stroke.
  • T (Talk) : Minta penderita untuk berbicara kalimat singkat, misalkan: Hari yang indah atau kalimat apa saja yang pendek. Jika ucapannya pelo, ini bisa disebut gejala stroke.
  • R (RAISE BOTH ARMS) :Minta penderita untuk mengangkat Kedua Lengan. Jika penderita tidak bisa mengangkat tangannya, artinya ada indikasi kelumpuhan, ini bisa dikatakan gejala stroke.

Jika ditemukan salah satu gangguan pada penge-check-kan metode STR ini, maka jangan ragu dan sesegera mungkin untuk panggil ambulans dan  ceritakan secara detil keadaan ini kepada petugas medis.

Metode lain untuk mengidentifikasi stroke

Minta penderita untuk menjulurkan lidahnya. Jika Bengkok (menyimpang ke satu arah), hal ini juga dapat merupakan suatu tanda dari gejala stroke.

Semoga artikel ini dapat membawa manfaat dan amal jariyah bagi kita semua. #keephealthy #cmiiw