Apakah Macbook Bisa Terserang Virus?

Alsaalta belakangan ini sangat concern dengan security dan privasi didalam dunia maya (internet). Mulai dari serangan malware, pishing hingga user privasi data (seperti kasus Facebook dengan leakage data usernya). Saat ini end user biasa menggunakan komputer dengan 2 mahzab yaitu Windows 7,8 dan 10, yang lainnya adalah macbook dari Apple Inc. Pertanyaan yang sering alsaalta terima adalah: “Apa Macbook Bisa terserang virus?”…

Pada tahun 2017 telah dillaporkan bahwa Macbook sudah mulai rentan terhadap serangan Malware ataupun trojan (Dikutip dari Tech Insider).

Harga yang mahal dari macbook, bisa mencerminkan penguna dengan segmen orang yang mampu (kaya) cmiiw, sehingga diasumsikan akan memicu para cybercriminal untuk melakukan serangan kepada pengguna macbook. Dengan harapan memperoleh keuntungan yang lebih besar.



Sampai artikel ini ditulis, antivirus yang direkomendasikan untuk macbook adalah Bitdefender dan Norton (Dikutip dari Techadvisor.co.uk). Tapi kembali semua pilihan diserahkan kepada end user (Do It With Your Own Risk).

Macbook Dengan High Sierra yang digunakan alsaalta, sampai saat ini masih aman dari virus dan malware. Semoga kedepannya masih tetap aman. Karena antivirus bagi alsaalta adalah sesuatu yang merepotkan dan membuat performa komputer menjadi lebih lemot dan tidak responsif.

Macbook di bangun dengan platform unix. Ini membuat macbook memiliki lebih banyak fire-door. Macbook bukannya tidak bisa di hack. Tetapi seandainya pun di hack, akan sulit bagi si malware untuk meng-exploit si macbooknya itu sendiri.

Sejak OS X 10.8 Mountain Lion. Telah diciptakan suatu metode yang membuat end user hanya bisa meng-install aplikasi yang sudah di verifikasi oleh Apple Inc. Ini yang dinamakan fungsi Gate-Keeper.

macbook terserang malware (pixabay)

Kesimpulannya adalah untuk pengguna pribadi atau rumahan tidak mengapa untuk belum mempertimbangkan antivirus pada macbooknya. Tapi disarankan bagi pengguna macbook pada jaringan dengan multi OS, bisa mulai mempertimbangkan menggunakan antivirus.

Untuk yang belum meng-upgrade OS macbooknya, disarankan untuk segera meng-uprade OS nya ke High Sierra. Untuk meningkatkan keamanan dalam menggunakan macbooknya. Direkomendasikan juga untuk menggunakan browser firefox atau safari.

Sejak 2018 alsaalta sudah mulai melakukan migrasi besar-besaran dengan menggunakan macbook, iphone dan Ubuntu. Demi keamanan kontrakan ALDIFA (Alsaalta Digital Farming).