Panduan Mengatasi “dump” dan “pump” Dalam Trading Cryptocurrencies

dump dan pump trading crypto (pixabay.com)

Pump dan Dump secara harfiah sudah ada sebelum adanya perdagangan atau trading bitcoin atau cryptocurrencies. Pump dan Dump adalah sebuah metode manipulasi harga pada pasar bitcoin atau mata crypto lainnya. Sekarang dilakukan secara terbuka dan melalui kanal-kanal media sosial.

Pump dan Dump dilakukan oleh sekumpulan pelaku pasar yang membuat kesepakatan harga melalui kanal media sosial (bisa melalui telegram, whatsapp dan kanal-kanal lainnya). PUMP adalah kesepakatan pelaku pasar dalam satu grup untuk melakukan aksi beli (BUY) secara bersama-sama. Sehingga akan membuat harga menjadi BULLISH.



Sedangkan DUMP adalah kesepakatan pelaku pasar dalam satu grup melakukan aksi jual (SELL) secara bersama-sama sehingga akan membuat harga menjadi BEARISH. Dan Apakabar dengan pelaku pasar yang tidak tergabung dalam grup DUMP dan PUMP ini? Harga akan seperti yoyo dan kadang melawan kepatuhan dari candlestick pattern.

Untuk easy trading dengan capital yang tidak terlalu besar bisa melakukan langkah – langkah ini, agar dapat meminimalisir gangguan si Dump and Pump pada proses trading bitcoin:

  • “Jangan Masuk Rumah Yang Terbakar”, Jika Market sedang chaos, baik karena berita fundamental maupun karena dump dan pump. Tetap sabar dipinggir lapangan dan jangan masuk market dulu.
  • “Belajar Candlestick Pattern” secara lengkap dan menyeluruh. Baru dilanjutkan mempelajari Indikator-indikator pembantu seperti EMA (Eksponesial Moving Average).
  • “Belajar tentang Support Resistan” Kalau mengerti S/R kita dapat mendeteksi secara dini kapan ini harga yang natural atau ulah Dump dan Pump.
  • “Rezeki Hari ini cukup hari ini” Jika sudah WIN dalam trade hari ini, langsung tutup apps trading kita dan nikmati hari yang cerah dan mari bersenang-senang. Baru besok kita cari rezeki itu lagi.

Memang Jika kita trading didalam ekosistem yang kebanyakan pelaku DUMP dan PUMP akan sangat membuat kita tidak nyaman dan rentan mendekatkan kita kepada kebangkrutan. Jadi Ekstra hati-hati jika trading pada market yang cendrung yoyo.

Dan sebagai tambahan, Jika ingin membeli coin yang ICO (initial Coin Offrering), Untuk melakukan riset secara seksama sebelum melakukan pembelian. Kadang harga “spiking” ketika moment lauching… dan booom beberapa saat kemudian harga melorot dan tak tentu arah. cmiiw.