Mengenal Penyakit Parkinson

Apa itu penyakit parkinson? Tidak sedikit orang yang kebingungan ketika ditanyai pendapat mengenai penyakit tersebut, bahkan yang ditanya, malah balik bertanya mengenai penyakit tersebut. Parkinson merupakan suatu penyakit yang banyak diderita oleh orang-orang yang sudah berusia diatas 50 tahun. Penyakit ini merupakan sebuah penyakit gangguan pada otak yang dapat mengakibatkan kontrol pada otot mengalami penurunan. Menurut survei, penderita penyakit ini kebanyakan yang telah berusia 62 tahun dan kaum pria adalah yang memiliki risiko satu setengah kali lebih besar terserang penyakit yang menyerang otak ini.

Mengenal Penyakit Parkinson image

Penyebab Parkinson
Penyebab penyakit parkinson ini dikarenakan adanya daerah kecil pada batang otak atau substansia nigra, yakni bagian otak yang memiliki fungsi untuk mengontrol gerakan pada tubuh manusia. Ketika seseorang terserang penyakit ini, maka bagian otak tersebut tidak dapat atau berhenti memproduksi dopamin. Ketika zat tersebut berhenti diproduksi, maka otak tidak mampu menerima pesan yang digunakan untuk melakukan gerakan, sehingga menyebabkan anggota gerak tubuh pada penderita penyakit ini bergerak berulang kali atau bergetar. Dopamin sendiri merupakan zat kimia yang memiliki tugas untuk membantu sel saraf untuk saling berkomunikasi.
Setiap penyakit tentunya memiliki tanda-tanda awal, tidak terkecuali penyakit parkinson. Namun, tanda-tanda atau gejala dari penyakit tersebut memiliki kemiripan dengan penyakit yang berbahaya sehingga dapat membingungkan petugas kesehatan ketika melakukan diagnosa. Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda atau gejala dari penyakit tersebut.



Gejala Penyakit Parkinson

  1. Penderita mengalami sedikit rasa gemetar pada jari, tangan, kaki, bahkan bibir.
  2. Penderita Parkinson seringkali mengalami kesulitan saat hendak keluar dari kursi.
  3. Penderita Parkinson mengalami rasa kaku dan mengakibatkan sulit berjalan.
  4. Sulit menulis dengan tangan karena jariā€“jari penderita Parkinson selalu bergetar.
  5. Penderita Parkinson cenderung memiliki tubuh yang membungkuk.
  6. Wajah penderita Parkinson layaknya mengenakan topeng dan ekspresi yang ditunjukkan adalah ekspresi serius.

Berdasarkan beberapa gejala diatas, tentunya para penderita penyakit parkinson merasa kurang percaya diri setiap kali ia akan melakukan sesuatu, karena tubuhnya selalu bergetar. Getaran tersebut berlangsung secara terus menerus karena otak tidak lagi mampu menerima pesan untuk melakukan maupun memberhentikan gerakan.
Gejala lainnya yang paling sering ditunjukkan pada penyakit ini adalah getaran tremor. Tremor merupakan gejala awal orang menderita Parkinson. Biasanya getaran tersebut terjadi pada saat tangan tidak sedang digunakan. Tetapi, jika tangan sedang digunakan maka gejala tersebut tidak terlihat. Gejala ini membuat seolah-olah pada ibu jari dan telunjuk terdapat pil yang bergulir, sehingga membuat jari tangan tidak dapat fokus pada gerakan yang tidak diperlukan.

Gejala yang lainnya adalah ketidakseimbangan pada tubuh penderita sehingga menyebabkan para penderitannya sering kali terjatuh ketika bergerak.

Itulah sedikit penjelasan mengenai penyakit parkinson. Semoga dengan adanya penjelasan ini, Anda lebih mengenal penyakit parkinson.