Penuntun Praktikum Farmakokinetik

Penuntun Praktikum Farmakokinetik image

credit: pixabay

Farmakokinetik adalah turunan ilmu dari farmakologi, adalah suatu ilmu yang mempelajari kinetika absopsi, distribusi, eliminasi melalui proses metabolisme dan eksresi obat dalam tubuh serta kaitannya dengan  respon farmakologi terapi dan toksikologi pada hewan dan manusia.

Secara Farmakokinetik, tubuh merespon obat melalui 4 proses, yaitu

  • Arbsopsi (A), merupakan proses diserapnya obat oleh tubuh. Proses penyerapan ini tergantung dengan cara apa obat diberikan.
  • Distribusi (D), merupakan proses pembagian obat oleh tubuh kepada bagian atau jaringan yang membutuhkan obat tersebut, proses ini terjadi setelah arbsopsi.
  • Metabolisme (M), merupakan proses pengubahan struktur kimiawi obat oleh tubuh untuk menyesuaikan terhadap fungsinya dan agar lebih mudah deksresi.
  • Eksresi (E), merupakan proses dikeluarkannya obat keluar tubuh, kebanyakan obat akan dibuang melalui urin dan yang berperan penting disini adalah organ ginjal.



Pusat pendidikan dan pelatihan di bidang farmakokinetika dalam level global hingga saat ini dipegang oleh universitas BuffaloFlorida, Gothenburg, LeidenTokyo, Uppsala, San Francisco, Otago, Sheffield, Washington, dan Manchester. (credit: wikipedia).

SLIDE 1

Penuntun Praktikum Farmakokinetik slide 1

SLIDE 2

Penuntun Praktikum Farmakokinetik slide 2SLIDE 3

Penuntun Praktikum Farmakokinetik slide 3

SLIDE 4

Penuntun Praktikum Farmakokinetik slide 4

SLIDE 5

Penuntun Praktikum Farmakokinetik slide 5

SLIDE 6

Penuntun Praktikum Farmakokinetik slide 6

SLIDE 7

Penuntun Praktikum Farmakokinetik slide 7

SLIDE 8

Penuntun Praktikum Farmakokinetik slide 8




Farkin News: Penggunaan Jangka Panjang Memicu Toleransi Obat – Ketika mengonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang akan timbul suatu fenomena yang disebut dengan toleransi obat, sehingga ada kebutuhan untuk menambah dosis obat demi mendapatkan efek obat seperti yang diinginkan. Toleransi obat ini juga bisa dipakai untuk menentukan tingkat adiksi seseorang. (credit: kompas,com)